Cara Menghilangkan Keputihan Saat Hamil Berdasarkan Sebab dan Tanda-Tanda



Cara menghilangkan keputihan saat hamil yang Anda temui di berbagai sumber di internet belum tentu bisa menyelesaikan masalah yang sedang Anda hadapi. Ya, keputihan memang bisa terjadi bahkan pada saat hamil. Ketika keputihan semakin parah, yang ditandai dengan keluarnya cairan yang parah dari dalam vagina, bau yang semakin tidak sedap, warna kehijuan atau kekuning-kuningan yang disertai dengan gatal dan sedikit darah, maka sudah waktunya untuk berkonsultasi dengan dokter.

Mengatasi keputihan tidak sesederhana yang kita pikirkan. Diperlukan penanganan yang tepat berdasarkan sebab munculnya keputihan. Kali ini, kita akan membahas apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi keputihan berdasarkan pada tanda-tanda yang muncul.

Menghilangkan Keputihan Berdasarkan Tanda-Tanda

Tidak semua keputihan berbahaya. Jika keputihan selama hamil masih dalam batas normal, maka tidak ada yang perlu Anda khawatirkan. Anda hanya perlu mengenakan pembalut atau panty liner. Inilah menghilangkan keputihan saat hamil yang paling tepat untuk keputihan normal yang terus berlanjut ketika masa hamil.

Akan tetapi, penanganannya berbeda jika keputihan yang terjadi akibat infeksi, maka keputihan tidak bisa dihilangkan begitu saja. Anda perlu mendapatkan perawatan agar gejala yang muncul bisa reda dan menghilangkan sebab infeksi itu sendiri. Dalam hal ini, dokter lah yang akan bisa menangani masalah Anda. Kemungkinan, Anda harus mengkonsumsi obat-obatan berdasarkan pada tipe infeksi tersebut. 

Dokter bisa saja menyarankan Anda untuk membeli obat yang tersedia di apotek atau menggunakan krim khusus untuk infeksi. Jika infeksi ini disebabkan oleh bacterial vaginosis dan trichomonal vaginitis, maka Anda bisa mengkonsumsi tablet metronidazole, namun untuk infeksi gonorrhea dan chamydia, antibitik intramuscular bisa dijadikan cara untuk menghilangkan keputihan karena infeksi. 

Hal penting yang perlu diingat dalam mengatasi keputihan karena infeksi adalah Anda tidak boleh melakukan diagnosis sendiri. Ya, memang bisa saja anggapan Anda benar, tapi untuk menentukan penanganan yang tepat untuk keputihan yang Anda alami, hanya ahli yang bisa melakukannya.

Hal Berikut Mencegah Tingkat Keparahan Keputihan

Nah, tidak jarang keputihan yang dialami seorang wanita saat hami semakin parah. Maka, sebagai tindakan pencegahan agar masalah ini tidak berlanjut, maka kita bisa melakukan beberapa hal.

Hindari memakai pakaian dalam yang terlalu ketat karena akan membuat organ kewanitaan lembap. Kondisi lembap memperparah keputihan khususnya bau. Meskipun pembalut bisa dipakai, tidak disarankan untuk dipakai sepanjang waktu karena juga menimbulkan kelembapan. Begitu pakaian dalam atau pembalut yang Anda pakai sudah terasa lembap, segeralah ganti dengan yang kering. 

Cara menghilangkan keputihan saat hamil selanjutnya adalah dengan mengontrol asupan makanan. Beberapa makanan bisa menyebabkan keputihan semakin parah khususnya makanan manis dan makanan dengan kadar kafein yang tinggi. Selain itu, Anda juga disarankan untuk membersihkan area organ intim Anda secara teratur setelah buang air kecil maupun buang air besar. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari kontaminasi mikroorganisme seperti bakteri atau virus yang ada di daerah anus dan saluran kandung kemih.

Hal-hal sepele seperti parfum dan sabun deodorant dipercaya bisa mengatasi keputihan khususnya bau yang timbul, padahal justru malah harus dihindari. Saat membersihkan bagian kewanitaan pun harus benar, karena di dalam vagina Anda, juga ada bakteri yang menguntungkan. Oleh sebab itu, biasakan untuk menghindari pancuran atau semprotan air saat membersihkan area ini.

Lalu, bolehkah melakukan hubungan seks saat keputihan di waktu hamil? Tetap boleh, asal menggunakan kondom karena dikhawatirkan akan memperparah infeksi (jika keputihan Anda disebabkan oleh infeksi).

Jadi, untuk menentukan penanganan yang tepat terhadap keputihan yang Anda alami harus berdasarkan sebab dan gejala yang muncul. Dokter akan membantu Anda dalam hal ini. Kemudian, Anda akan mendapatkan metode tepat sebagai cara menghilangkan keputihan saat hamil.
Judul: Cara Menghilangkan Keputihan Saat Hamil Berdasarkan Sebab dan Tanda-Tanda; Ditulis oleh Crystal X; Published :2016-04-02T06:00:00+07:00 Rating: 4 dari 5

0 Response to " Cara Menghilangkan Keputihan Saat Hamil Berdasarkan Sebab dan Tanda-Tanda "

Poskan Komentar