Berbahayakah Keputihan Warna Cokelat?


Cara Mengobati Keputihan Warna Coklat


Keputihan merupakan hal umum yang sering dialami oleh para wanita di dunia ini akan tetapi bagaimana dengan keputihan yang disertai dengan warna tertentu misalnya keputihan warna coklat. Sudah diketahui bersama kalau yang namanya keputihan ada yang normal dan ada pula yang abnormal, lantas yang menjadi pertanyaannya adalah bagaimana dengan keputihan yang warnanya sudah berubah menjadi warna cokelat tersebut. 

Pada dasarnya yang namanya keputihan memegang peranan yang begitu penting terkait dengan sistem reproduksi wanita yang merupakan proses pembuangan cairan yang dihasilkan oleh kelenjar yang ada di dalam serviks dan vagina. Sebenarnya cairan tersebut membawa sel mati serta bakteri yang nantinya bisa mencegah terjadinya infeksi dan juga bisa menjadikan vagina tetap bersih. 

Umumnya keputihan dengan warna kecokelatan ini terjadi pada saat akhir masa periode haid atau pada masa kehamilan. Lantas sebenarnya berbahayakah keputihan yang memiliki warna kecokelatan seperti ini?

Penyebab Keputihan Warna Coklat

Keputihan berwarna coklat ini biasanya disebabkan karena adanya tanda ovulasi awal pada masa kehamilan atau mendekati menopause atau sudah memasuki masa menopause. Pada masa tersebut keputihan biasanya berwarna coklat muda atau coklat tua. Selain itu keputihan berwarna coklat pekat bisa terjadi dikarenakan Anda mengalami pendarahan pada dinding rahim atau pada endometrium. Umumnya terjadi pada saat Anda sebelum haid atau pada saat di ujung sirkulasi haid.

Akan tetapi ternyata keputihan yang memiliki warna coklat tidak hanya terbatas pada hal-hal normal seperti yang sudah dipaparkan di atas, ada beberapa penyebab lainnya yang bisa membuat keputihan warna coklat tersebut.
  1. Terjadi pendarahan yang disebabkan karena adanya implementasi pada janin. Hal seperti ini disebabakn oleh proses penanaman telur yang sudah dibuahi pada dinding rahim Anda. Keputihan seperti ini bisa dikatakan sebagai keputihan tanda kehamilan.
  2. Dikarenakan kurangnya hormon estrogen pada astrofi vaginitis. Jadi dalam hal ini vagina mengalami peradangan diakibatkan telah terjadi kerusakan pada jaringan otot serta produksi cairan lubrikasi yang menurun. Ketika Anda mengalami situasi seperti ini maka keputihan Anda selain berwarna coklat juga memiliki bau yang busuk.
  3. Anda terkena penyakit menular seksual. Misalnya seperti penyakit gonore, klamidia, kutil kelamin, serta trikomoniasis. Gejal lainnya adalah rasa gatal, perih, dan juga berbau.
  4. Terkena kanker serviks. Apabila keputihan Anda memiliki warna coklat tua ada kemungkinan kalau Anda sedang terkena kanker serviks. Tanda-tanda lain yang menyertainya adalah nafsu makan berkurang, berat badan akan turun drastis, rasa lelah yang berlebihan, Anda merasakan sakit pada bagian pinggul serta tungkai.

Cara Mengobati Keputihan Warna Coklat

Beberapa cara yang bisa Anda tempuh apabila Anda mengalami keputihan dengan warna coklat baik yang muda atau pun yang tua maka Anda bisa melakukan hal-hal seperti berikut ini:
  1. Apabila keputihan Anda disebabkan oleh adanya kanker serviks maka Anda bisa melakukan pengobatan seperti radiasi, operasi, atau kemoterapi.
  2. Apabila disebabkan oleh penyakit menular seksual maka Anda bisa mengobatinya dengan cara mengkonsumsi obat antibiotik. Akan tetapi sebelum Anda mengkonsumsinya sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.
  3. Apabila keputihan dengan warna coklat disebabkan karena polip rahim maka Anda bisa melakukan pengobatan dengan cara mengkonsumsi obat hormonal yang bisa mengurangi gejala serta mengecilkan polip tersebut.
Itulah beberapa hal terkait dengan keputihan warna coklat. Sebenarnya untuk keputihan dengan warna coklat ini merupakan hal yang normal dan ada yang disebabkan karena ada gangguan pada kesehatan organ reproduksi Anda.



Judul: Berbahayakah Keputihan Warna Cokelat?; Ditulis oleh Crystal X; Published :2016-02-10T06:00:00+07:00 Rating: 4 dari 5

0 Response to " Berbahayakah Keputihan Warna Cokelat? "

Poskan Komentar