Bahayakah Keputihan Pada Ibu Hamil

Bahayakah Keputihan Pada Ibu Hamil


Pertanyaan mendasar yang sering sekali keluar dari para ibu hamil ketika mengalami keputihan adalah bahayakah keputihan pada ibu hamil? 

Lantas kalau memang berbahaya, seberapa besar resiko keputihan yang sering terjadi pada ibu hamil? 

Sangat diakui kalau yang namanya keputihan memang sangat membuat tidak nyaman bagi siapapun. Apalagi kalau keputihan tersebut Anda alami pada saat mengandung. Ketika Anda memasuki masa kehamilan, secara otomatis akan banyak sekali perubahan yang akan terjadi pada tubuh Anda, maka dari itu Anda juga harus bisa membedakan mana saja perubahan yang normal dan mana saja perubahan yang abnormal yang tentunya harus membutuhkan penanganan secepatnya. 

Keputihan berbentuk seperti halnya sebuah cairan dan keluar dari dalam vagina. Hal seperti ini salah satunya disebabkan karena adanya perubahan hormonal. Perubahan hormonal itulah yang akhirnya mengakibatkan ketidak seimbangan kadar asam yang berada di daerah vagina dan akhirnya akan menimbulkan yang namanya jamur.

Keputihan Pada Ibu Hamil

Keputihan bisa dikatakan sebagai situasi yang sangat sering dialami oleh ibu hamil, apalagi kalau pada ibu hamil muda. Keputihan yang sering terjadi ini pada hakikatnya disebabkan karena adanya perubahan hormon sehingga aliran darah di dalam tubuh secara otomatis akan mengalami peningkatan sehingga berakibat pada cairan di dalam vagina semakin meningkat juga.

Sebenarnya cairan tersebut berfungsi sebagai cairan untuk mencegah terjadinya infeksi antara vagina menuju rahim. Akan tetapi perlu ditekankan kalau tidak semua cairan vagina itu bermanfaat. Apabila cairan tersebut sudah bercampur dengan bakteri, parasit, virus yang terjadi adalah akan mengancam tumbuh kembang janin di dalam rahim Anda. Dengan Anda bisa membedakan mana keputihan yang berbaha dan mana yang tidak maka Anda juga bisa menjaga kandungan Anda secara maksimal.

Ciri Keputihan Pada Ibu Hamil

Banyak yang menganngap kalau keputihan merupakan hal yang biasa saja. Akan tetapi sebenarnya terjadinya keputihan itu menandakan kalau di dalam organ kewanitaan Anda terjadi sesuatu yang tidak sehat. Akan tetapi sebenarnya ada yang namanya keputihan yang normal dan yang abnormal pada saat ibu hamil.

Keputihan yang normal pada ibu hamil ditandai dengan sebuah cairan yang bening, tidak memiliki bau, serta tidak menyebabkan gatal pada daerah sekitar organ intim. Sedangkan yang tidak normal ditandai dengan cairan berubah warna menjadi kekuning-kuningan bahkan ada kasus lain yang sampi bewarna kehijauan dan kecoklatan. Cairan tersebut keluar dengan jumlah yang banyak. 

Cairannya juga lebih kental dan lengket. Cairan mengeluarkan bau yang tidak sedap dan juga dibarengi dengan rasa gatal pada daerah sekitar vagina. Dan umumnya daerah vagina akan berubah menjadi kemerah-merahan.

Penyebab Keputihan Pada Ibu Hamil

Penyebab terbesar dari keputihan pada saat hamil adalah dikarenakan adanya infeksi bakteri penyakit atau adanya gangguan pada kehamilan. Adapun infeksinya kebanyakan disebabkan oleh virus, bakteri, jamur, ataupun parasit lainnya.

Terkadang pada kehamilan awal sampai menjelang melahirkan keputihan disebabkan oleh adanya jamur candida albican sp yang merupakan jamur yang menjadi penyebab utama keputihan pada wanita hamil. Bahkan pada saat menjelang melahirkan candida albican sp ini akan menjadi semakin meningkat jumlahnya sehingga akhirnya akan mengakibatkan infeksi pada daerah kewanitaan Anda.

Itulah beberapa hal terkait dengan keputihan pada ibu hamil. Hendaknya kalau Anda mengalami situasi seperti ini segeralah untuk melakukan penangaan secepatnya.



Judul: Bahayakah Keputihan Pada Ibu Hamil; Ditulis oleh Crystal X; Published :2016-01-24T15:13:00+07:00 Rating: 4 dari 5

0 Response to " Bahayakah Keputihan Pada Ibu Hamil "

Poskan Komentar